Teknologi terbaru 3D Video Panorama

Halo kinikita-ers, mungkin dari beberapa kita sudah tidak asing lagi dengan teknologi yang bernama 3D panorama. Teknologi biasanya digunakan untuk menggabungkan beberapa gambar yaitu gambar tampak depan, belakang, kiri, kanan dan kemudian melalui software stitching seperti ptGUI , easypano , dsb gambar tersebut digabug menjadi satu kesatuan. Seperti contohnya:

3d-panorama

[sumber:easypano.com]

dan apabila di generate ke dalam format flash, HTML5, dsb akan tampak sebagai berikut:

 Agar dapat menampilkan panorama 360 derajat (tampak depan, belakang, kiri, kanan, atas bawah), biasanya pengambilan image adalah dengan menggukanan lensa fish-eye yang dimana apabila mengambil image dengan menggunakan lensa ini, image yang diambil tidak saja tampak depan tetapi tampak atas dan bawah akan ikut terambil. Google map street view menggunakan metode ini yang di mana pengguna dapat melihat suatu tempat secara 360 derajat.

Saat ini teknologi 3d panorama 360 (3d video panorama) sudah diimplementasikan ke sebuah format video yang di mana bukan hanjya gambar statis yang dapat dilihat secara 360 derajat, melainkan video yang secara real time dapat dilihat secara 360 derajat. Seperti contoh berikut:

 Bayangkan apabila video ini dilihat dengan menggunakan VR device seperti Playstation VR, Oculus rift. Misal menonton film horor 3D video panorama dan seolah olah kita terlibat di dalamnya.

Menarik bukan!?

Facebook Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *