5 Fungsi excel yang membuat kerja menjadi lebih mudah

5 Fungsi excel yang membuat kerja menjadi lebih mudah

Kinikita-Pertama kali pada saat menggunakan Microsoft excel tentunya akan menimbulkan pertanyaan bagaimana cara menggunakan fungsi-fungsi daru program tersebut. Karena yang terus kita hadapi, meskipun excel sangat berguna, excel pun dapat menjadi aplikasi yang sangat rumit dan dapat membuat anda menjadi frustasi dalam menyelesaikan pekerjaan anda.

Selain dari fitur Excel yang umum seperti flash fill, tabel pivot, dan conditional formating, Excel juga memiliki banyak fungsi yang powerful yang akan membantu menghemat waktu saat membuat spreadsheet. Gunakan waktu dalam belajar menggunakan Excel sehingga anda dapat mempersiapkan dan mengelola laporan yang kompleks, serta melakukan apapun layaknya seseorang yang menganalisa data seperti profesional

Untuk membantu Anda memulai, berikut adalah 5 fungsi penting Excel Anda harus pelajari mulai saat ini.

1. Fungsi SUM

Fungsi SUM adalah fungsi yang paling sering digunakan ketika ingin menjumlahkan data pada Excel. Fungsi ini digunakan untuk menjumlah sekelompok angka dalam satu set spesifik sel. Anda tidak perlu membuat formula khusus hanya untuk menghitung jumlah semua data yang Anda butuhkan. Karena fungsi ini kerap digunakan oleh para pengguna excel, dalam versi yang lebih baru dari Microsoft Excel memiliki tombol khusus untuk fungsi ini.

Fungsi ini dilakukan dengan mengetik rumus pada fungsi bar dan menghighlight sel yang ingin dijumlah sebelum mengklik “Enter”. Anda juga perlu berhati-hati dalam sel menghighlight, Karena Excel akan memproses semua yang Anda highlight. Jika terjadi kesalahan dalam mengkalkulasi data, Anda dapat dengan mudah menekan tombol “Undo” untuk me-reset nilai kembali ke keadaan semula.

Fungsi Excel yang berguna-1
Image src: lifehack.org

Formula fungsi sum function adalah “=SUM” (number1, number2, etc.).

Di gambar di atas, hasil yang diperoleh dengan menggunakan fungsi sum dari cell C2 sampai C7 yang formula nya adalah “=SUM(C2:C7)”, akan menghasilkan nilai: 33161.

2. Fungsi TEXT

Fungsi TEXT adalah tool yang sangat berguna yang membantu mengubah tanggal (atau nomor) ke dalam string teks dalam format tertentu. Hal ini berguna ketika pengguna ingin melihat data numerik dalam format yang mudah dibaca. Perhatikan bahwa “TEXT” formula hanya bekerja untuk mengkonversi nilai numerik ke teks. Oleh karena itu, hasilnya tidak dapat dikalkulasi.

Image src: lifehack.org
Image src: lifehack.org

Formula fungsi  text function adalah “=TEXT” (value, format_text).

  • “Value” mengacu kepada sebuah nilai yang akan dikonversi ke format teks.
  • “Format_text” merupakan definisi format konversi.

Dalam contoh di atas, pengguna menggunakan formula teks untuk menemukan hari dalam sebuah tanggal “=TEXT (B2, “ddd”)”

3. Fungsi VLOOKUP

VLOOKUP adalah fungsi Excel yang powerful tetapi sering diabaikan. Fungsi ini akan sangat berguna bagi pengguna ketika harus mencari data spesifik pada sebuah Table yang besar. Anda juga dapat menggunakan VLOOKUP untuk mencari nama, nomor telepon, atau data tertentu pada lembar Excel. Bukan secara manual mencari nama dan membuang-buang waktu bergulir melalui ratusan data, fungsi VLOOKUP membuat proses ini lebih cepat dan lebih efisien.

image src: spreadsheeto.com
image src: spreadsheeto.com

Formula VLookup adalah “=VLOOKUP” (lookup_value, table_array, col_index_num, *range_lookup*).

  • “lookup_value” adalah data yang ingin dicari.
  • “table_array” adalah sebuah kolom data yang di mana untuk melakukan batas pencarian.
  • “col_index_num” adalah nomor kolom dalam.
  • “range_lookup” adalah argumen opsional yang memungkinkan proses pencarian lebih tepat tanpa melakukan proses sorting.

4. Fungsi AVERAGE

Fungsi average adalah tool yang sangat berguna untuk mendapatkan nilai rata-rata di dalam range sebuah cell. Seperti fungsi sum, yang sering digunakan dalam kalkulasi dan menganalisis data pada spreadsheet. Pada dasarnya, fungsi rata-rata bekerja untuk menemukan “mean aritmetik” untuk sekelompok cell. Selain fungsi rata, Excel juga memiliki median dan modus fungsi.

image src: lifehack.com
image src: lifehack.com

Formula fungsi average adalah “AVERAGE” (number1, number2, etc.).

  • “Number 1” mengacu kepada nomor pertama dalam rentang cell yang akan diambil rata-rata nya.
  • “Number 2” adalah referensi tambahan dari kisaran rata-rata. Anda bisa mendapatkan rata-rata hingga maksimal 255 cell.

Contoh lain:

“=AVERAGE (A2:A10)” – Mengambil rata-rata dari kolom A2 samapi A10.

“=AVERAGE (B2: B10, 7)” – Menhgambil rata-rata dari kolom B2 samapi B10 yang berangka 7.

 

5. Fungsi  CONCATENATE

Fungsi ini adalah digunakan ketika Anda perlu menggabungkan data dari 2 atau lebih dari beberapa cell. Berbeda dengan merge yang secara fisik menyatu dua atau lebih sel menjadi satu sel, fungsi concatenate hanya menggabungkan isi sel. Dalam versi terbaru dari Excel (2016), fungsi concatenate telah digantikan dengan fungsi.

image src: lifehack.com
image src: lifehack.com

Formula fungsi concatenate adalah “CONCATENATE” (text1, [text2…text_n]),

  • “Text1, Text2…text_n” adalah kumpulan data yang ingin digabung.

 

 

Facebook Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *