Intip Suasana Rumah Sakit Bersalin di Jepang

Jepang-Halo kini kita ers, kali ini penulis berkesempatan mengunjungi rumah sakit bersalin yang ada di Jepang.
Kesan pertama saat mengunjungi rumah sakit bersalin ini adalah kebersihan, keteraturan dan keramahan dari perawat-perawat di rumah sakit.
Sebelum masuk ke dalam rumah sakit bersalin, pengunjung atau pasien diwajibkan untuk menaruh sandal atau sepatu bawaan ke rak dan mengganti dengan sandal atau sliper yang disediakan oleh rumah sakit kemudian pasien melapor ke bagian loket pembayaran dan menunggu antrian.
sliper-rumah-sakit-bersalin
Di dalam rumah sakit tersedia alat ukur tekanan darah digital yang biasanya digunakan oleh pasien dalam menunggu antrian yang kemudian hasilnya diberikan ke dokter untuk proses pengecekan kesehatan pasien selama hamil.

tensimeter

Para perawat dan dokter diwajibkan untuk mengenakkan masker yang bertujuan mencegah penularan penyakit ke pasien hamil atau balita yang ada di rumah sakit tersebut.

masker_1 masker_2

Salah satu service yang disediakan oleh rumah sakit bersalin di Jepang yang mungkin tidak ada di Negara lain, apabila pasien melahirkan, seminggu setelah melahirkan, pasien beserta suami atau istri mendapatkan jamuan makan malam yang diberikan oleh Rumah Sakit bersalin di Jepang.

Seluruh rumah sakit bersalin di Jepang sudah tersedia fasilitas 4D dan sudah barang tentu biaya foto 4D di Jepang lebih mahal dari Indonesia. Berbeda dengan Indonesia, asuransi kesehatan di Negara ini benar-benar sangat diperhatikan. Apabila tidak ikut asuransi, siap-siap saja untuk membayar biaya pengobatan yang sangat tinggi, misalnya untuk biaya pengobatan flu saja bisa mencapai 10 ribu yen atau dalam kurs rupiah sebesar 1.2 juta rupiah. Dengan asuransi, hanya membayar 30% dari total biaya pengobatan.

Jadi apabila kini kita ers kebetulan sedang berkunjung ke Jepang dan tidak ikut asuransi kesehatan, hati-hati jangan sampai sakit ya.

baca juga artikel berikut yang berhubungan dengan kesehatan tubuh:

Manfaat Madu

Makanan pencetus kanker

Manfaat Buah Seri

Tips mengatasi susah tidur

Facebook Comments

comments

One thought on “Intip Suasana Rumah Sakit Bersalin di Jepang

  • September 21, 2015 at 1:40 pm
    Permalink

    wiik, suster e… ^.^

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *