Menjadi Orang yang Dewasa

Merasa sudah dewasa namun masih banyak orang yang bilang tingkah laku, sikap dan perilaku kita seperti anak kecil pasti sangat menyebalkan. Kita yang ingin berusaha menjadi lebih dewasa tapi di mata orang masih seperti anak kecil adalah hal yang dapat menurunkan rasa percaya diri. Merubah sifat kekanak-kanakan menjadi lebih dewasa mungkin bukanlah hal yang mudah. Namun hal tersebut bukanlah hambatan jika kita melakukannya dengan usaha dan semangat.

Buat kita yang ingin berfikiran lebih dewasa, hal-hal berikut perlu diperhatikan:

 

1. Mampu membedakan baik dan buruk.
Menjadi lebih dewasa, kita harus bisa membedakan sesuatu hal mana yang baik dan mana yang buruk. Hal ini dapat membuat kita bertindak lebih baik dalam menyikapinya.

2. Mampu memprioritaskan sesuatu hal
Pemikiran yang dewasa itu dapat memprioritaskan mana sesuatu hal yang terlebih dahulu harus dimulai dan diakhiri. Karena tidak semua hal itu bisa kita lakukan secara bersamaan karena dapat membuat suasana menjadi rumit.

3. Mampu menyelesaikan masalah sendiri
Menyelesaikan masalah sendiri adalah salah satu cara menjadi pribadi yang dewasa. Walaupun terkadang suatu masalah perlu mendapatkan bantuan dari orang lain agar kita bisa saling berbagi, namun jika kita bisa menyelesaikannya sendiri itu jauh lebih baik karena kita menjadi tidak perlu merepotkan orang lain.

4. Tidak lari dari masalah
Terkadang, dengan pemikiran yang masih labil seseorang akan lari dari suatu masalah, karena ia berpikiran jika masalah tersebut terus-terusan ditanggapi, hanya akan memperpanjang masalah tersebut. Namun hal itu adalah hal yang salah. Jika anda ingin memiliki pemikiran yang dewasa, anda harus bisa menyelasaikan masalah tersebut agar akhir dari masalah tersebut jelas dan tidak merugikan pihak manapun.

5. Bersikap adil
Orang yang berpikiran dewasa harus mampu berperilaku adil, yaitu tidak membeda-bedakan apa yang semestinya didapatkan. Walaupun orang tersebut orang terdekat kita, jika ia salah tegaskanlah bahwa sikap dia itu salah, bukan membenarkannya.

Nah, itulah beberapa hal yang perlu kita perhatikan untuk menjadi pribadi yang lebih dewasa, semoga bisa menjadikan kita menjadi pribadi yang lebih dewasa dalam berfikir maupun bersikap.

Facebook Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *