Menu ideal berbuka puasa

Kinikita- Yang pasti sering dilakukan bagi sebagian orang ketika menjelang berbuka puasa adalah menyiapkan hidangan berbuka baik itu diperoleh dengan cara membeli maupun buat sendiri. Hal penting yang harus diperhatikan adalah menu apa yang baik dikonsumsi ketika kita berbuka puasa.

Dari beberapa pakar kesehatan menyebutkan bahwa menu berbuka apapun jenisnya tidak masalah, yang terpenting adalah di dalam makanan tersebut mengandung unsur manis. Makanan yang manis sangat penting dikonsumsi mengingat gulkosa tubuh menurun selama berpuasa dan juga tidak kalah pentingnya yaitu cairan, Teh manis atau juice buah-buahan bisa dikatanan menu yang baik dalam mengawali berbuka puasa.

Baca juga: Manfaat kurma untuk berbuka puasa

Selain itu juga (bagi yang tidak memiliki rutinitas yang padat) disarankan untuk membuat menu berbuka sendiri, selain bahan yang digunakan lebih aman, juga tahu berapa kadar yang tepat dalam menyajikan makanan yang sehat, kalaupun terpaksa membeli, pilihlah makanan yang segar dan higienis.

Gorengan sangat tidak disarankan dikonsumsi pada saat berbuka puasa, selain kandungan lemak yang tinggi, tubuh akan mendapat kejutan yang mengakibatkan penumpukan lemak terlalu cepat dikarenakan metabolisme tubuh masih belum stabil. Sebaiknya apabila makan gorengan, gunakan tisu yang dapat menyerap minyak yang terdapat pada gorengan sehingga asupan minyak tidak berlebihan.

Apa menu ideal untuk berbuka puasa? Makanan yang berkuah, ditumis, direbus merupakan makanan ideal untuk berbuka puasa. Sop, soto, Pindang, dan lain-lain. Kenapa ini ideal untuk berbuka, dikarenakan tubuh kekurangan cairan pada saat menjalani puasa, sehingga makanan berkuah sangat ideal untuk dijadikan menu berbuka puasa.

Baca juga: Doa berbuka puasa yang benar

Facebook Comments

comments

One thought on “Menu ideal berbuka puasa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *