Minuman Panas Memicu Kanker

Kinikita-World Health Organization (WHO) dalam beberapa waktu lalu menyimpulkan bahwa kopi memungkinkan dapat menyebabkan kanker apabila diminum terlalu panas. Kemudian penjelasan berlanjut bahwa hal ini tapi tidak dikhususkan terhadap kopi saja tapi juga untuk seluruh minuman lainnya.

WHO menjelaskan semua cairan yang bersuhu berkisar 65 derajat celsius ke atas yang disebutkan dalam penelitian jurnal The Lancet Oncology, dapat berisiko untuk memicu kanker esofagus(kerongkongan).
Bagaimana ini dapat menimbulkan hal tersebut sesuai dengan penjelasan Mariana Stern dari The International Agency for Research on Cancer (IARC) minum dengan suhu yang tinggi  dapat merusak lapisan dinding esofagus.

“Hipotesis yang ada saat ini adalah cedera termal pada lapisan esofagus dapat mendorong terbentuknya formasi kanker. Apakah disebabkan oleh panas itu sendiri atau ada paparan agen karsinogenik lainnya masih belum jelas,” kata Stern seperti dikutip dari Live Science, Senin (27/6/2016).

Ketika dinding esofagus rusak, maka secara otomatis sel-sel akan memperbaiki diri. Dengan fenomena yang terjadi sehari-hari dalam tubuh manusia terhadap karsinogen umum (makanan dan minuman, stres, polusi udara), maka semakin banyak sel yang tumbuh mereplikasi diri semakin besar pula kemungkinan terjadi mutasi.

Baca juga: Makanan pemicu kanker

Ahli bedah esofagus dr Brant Oelschlager dari University of Washington mengatakan sel yang ada pada lapisan dinding esofagus ini setipe dengan sel pada kulit.

“Pada kasus luka bakar parah, kita tahu terkadang kanker tumbuh dari bekas luka. Hal yang sama kemungkinan terjadi di sini. Sel esofagus yang berulang kali terluka dan sembuh kemungkinan salah mereplikasi dirinya dan membentuk kanker,” jelas dr Oelschlager.

Facebook Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *