QCY Q29: Wireless earphone murah tanpa kabel yg kecil dan mudah dibawa

kinikita-Jika kamu termasuk orang yg suka mendengar musik menggunakan android phone atau iphone melalui earphone atau headphone, tentunya sering mengalami masalah seperti kabel earphone yg tersangkut di jaket, celana atau terlilit di saku celana. Apalagi utk kamu yg suka mendengar musik sambil lari pagi, fitness di gym atau komut ke kantor. Bisa bikin jengkel. Sebenernya masalah ini mudah sekali diselesaikan: potong kabel nya dengan kata lain ‘go wireless’.

Yep, perkembangan wireless technology or teknologi nirkabel terutama utk earphone dan headphone akhir-akhir ini semakin pesat. Ini terutama di motori oleh Apple, yg mungkin beberapa dari kamu sudah mendengar, bahwa Apple mendepak 3.5 mm headphone jack di iPhone 7 keluaran terbarunya. Artinya untuk kamu-kamu yg punya headphone atau earphone keluaran baheula: no luck alias gak kepake. Mau merek JBL, Bose, atau Beat yg harganya berjut2 pun kalau masih pake kabel, sorry bro or adios amigos. Untungnya Apple mengeluarkan produk anyarnya yg dinamai, Airpods. Airpods yaitu wireless earphone yg terknonek dengen iPhone melalui bluetooth. Cuma masalahnya harganya muaaaahal cooiii, Apple gitu loooch!!

Earphone QCY Q29 murah tanpa kabel 

Saat inilah, ‘Chinese product comes to rescue’ ! Banyak sekarang bermunculan wireless earphone keluaran cina dengan harga sangat miring. Contohnya: QCY Q29 yang penampilannya bisa dilihat di samping. Harga sekitar AUD 59 atau sekitar 600 ribu kalau di rupiahkan. Bandingkan dengan Airpods keluaran Apple yg harganya mungkin bisa mencapai 2-3 jutaan. Jadi dibanding Aipords harga QCY Q29 ini hampir 4x lebih murah!!

Mari kita lihat spek fisiknya. Ukurannya kira2 sebesar biji salak. Kalau mau lebih precise: 25.3×17.3×29 mm. Berat: 5.3 gram. Kapasitas battery 45 mAh yg bisa dipake utk dengerin musik hampir 3 jam non-stop. Bisa berbuih2 tuh. Standby-nya bisa bertahan sekitar 50 jam. Dilengkapi charging dock (lihat gambar) yg juga berfungsi sebagai power charger. Earphone QCY q29 ini menggunakan teknologi bluetooth 4.1. Artinya low power consumption dan jarak jangkauan hampir 10 m tanpa hambatan. Dia juga dilengkapi bud dengan ukuran yg bervariasi sesuai dengan ukuran kalan telinga kamu.

Charging dock

Spek fisiknya sudah kita liat. Bagaimana kualitas suaranya?? believe it or not ternyata not bad!! Bass nya cukup OK, dynamic rangenya bagus, treble nya juga OK. Tapi jangan dibandingin dengan earphone merek JBL atau Bose yah. Utk penggunannya pertama kali juga cukup sederhana. Dikotaknya dilengkapi booklet kecil utk petunjuk penggunaan. Yg intinya: utuk pertama kali pairing ke phone, ambil bagian kanan tekan tombol yg ada tulisan QCY nya beberapa detik. Setelah itu akan muncul ‘QCY-Q29_R’ di phone kamu. Setelah ter’pair’ ambil bagian kiri, dekatin dengan bagain kanan dan voila keduanya akan ter konek utk menghasilkan suara stereo yg diinginkan.

Last but not least, QCY Q29 memilik beberapa variasi warna: hitam, putih, kuning dan biru. Karena ukurannya yg cukup kecil dan design nya yg bagus, ketika dipakai tidak keliatan mencolok dan aneh (unlike Airpods). Tergantung ukuran ‘bud’ yg dipakai, cukup stabil di telinga, meskipun ketika kepala tergoncang (sewaktu jogging misalnya).

Kesimpulan: ‘the Good’ dan ‘the Bad’ QCY Q29 adalah sebagai berikut:

the Good:

  • Total wireless: sama sekali tidak ada kabel
  • Kecil, ringan, mudah dibawa karena ada charging docknya
  • Charging dock yg juga bisa berguna sebagai power charger
  • Harga relative murah! Gak Apple-ly price lah

the Bad:

  • Koneksi kadang terganggu keberadaan blueetooth gadget lain. Akibatnya suara yg terdengar sedikit terpatah2
  • Meski 3 jam cukup, tentunya lebih lama lebih baik. Jadi gak perlu charger
  • Sebagaimana gadget2 yg lain: butuh di charge utk dipakai. Tentunya utk masalah ini gak bisa ngalahin earphone yg pake kabel lah.

Rating: 4/5

 

by Dr. D

Facebook Comments

comments

Dr. D

Research fellow di bidang optomekanik dan nanoteknologi berdomisili di Australia

One thought on “QCY Q29: Wireless earphone murah tanpa kabel yg kecil dan mudah dibawa

  • October 8, 2017 at 8:16 am
    Permalink

    Mas untuk pairing kedua hetset jd 1 gmn punyaku gak mau di pairing maunya terpisah

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *