5 Makanan pencetus kanker yang harus kita hindari

Saat ini banyak beberapa tipe makanan yang direkomendasikan sebagai pencegah kanker. Banyak produk makanan terbaru yang diproduksi secara rutin yang dapat mengkontrol kesehatan tubuh, baik itu secara mental maupun fisik. Tetapi yang benar-benar harus kita perhatikan adalah bagaimana caranya untuk mencegah kanker dari makanan yang kita konsumsi. Makanan-makanan olahan lebih sering disebut sebagai pencetus kanker karena banyak mengandung karsinogen, yang merukapan zat  di mana dapat mencetus berbagai tipe kanker dalam tubuh kita. Sangat penting bagi kita untuk sebisa mungkin menghindari makan olahan terutama makanan berikut yang terkait dalam pencetus kanker. Berikut lima makanan tersebut yang diyakini penyebab kanker paling tinggi.

1. Popcorn

Popcorn

Makan yang tidak asing lagi bagi para penikmat film. Ada bioskop ada popcorn. Tidak lengkap rasanya menonton film di bioskop tanpa cemilian ini. Popcorn yang biasa dijual di bioskop dan proses pembuatannya dengan menggunakan microwave ternyata mengandung  bahan kimia yang sangat beracun yang dinamakan dengan asam perfluorooctanoic  (PFOA)  pada setiap lapisan atasnya. Di dalam beberapa hasil studi, telah dibuktikan bahwa orang yang terkena PFOA memiliki resiko yang sangat tinggi terkena kanker empedu bahkan kanker ginjal. Jika ingin menikmati popcorn tanpa harus khawatir dengan zat kimia berbahaya ini, buatlah sendiri dan jangan menggunakan microwave.

2. Tomat Kalengan

tomat kaleng

Makanan kaleng memang sangat praktis dan dapat disimpan dalam jangka waktu yang lama. Sayangnya bahan yang digunakan adalah bisphenol A (BPA) pada lapisan kaleng, yang diketahui merupakan endokrin disruptor yang dapat mengganggu hormon. Hasilnya apabila telalu sering mengkonsumsi BPA ini dapat meningkatkan resiko terkena kanker prostat dan payudara. Tomat kaleng merupakan satu-satunya produk makanan kaleng yang sangat berbahaya dibandingkan produk kaleng lainnya, karena mengandung tingkat keasaman yang sangat tinggi dan dapat menyerap BPA dengan sangat cepat. Belilah tomat yang segar dan sebisa mungkin hindari tomat yang telah dikemas dalam bentuk kaleng.

3. Salmon Ternak

salmon ternak

Banyak orang lebih mementingkan manfaat dari salmon tanpa perduli mengenai sumber dari ikan terserbut. Salmon ternak terbukti megandung zat-zat berbahaya yang sangat tinggi seperti  polychlorinated biphenyls (PCBs), dioxins dan toxaphene, yang merupakan zat pencetus kanker. Sangatlah penting untuk membeli salmon liar,walaupun harganya jauh lebih tinggi dari harga salmon yang diternakkan.

Perbedaan struktur warna salmon ternak dan salmon liar.

salmon ternak vs salmon liar

Salmon liar (Atas) dan Salmon ternak (Bawah)

4. Minyak terhidrogenasi

Hydrogenated-Oils

Tidak seperti minyak alami seperti minyak zaitun, kedelai pada umumnya, minyak terhidrogenasi di ekstrak secara buatan dari sayuran dan sebagai pencetus kanker. Minyak ini memiliki bahan pengawet yang sangat tinggi sehingga dapat membuat makanan tahan lama tanpa merubah rasa dan warnanya. Kandungan asam lemak omega 3 yang dikandungnya lebih banyak bahayanya dari pada manfaatnya karena dapat merubah kefleksibelan dan struktur sel membran yang akan menyebabkan kita terkena kanker, terutama kanker kulit. Lemak trans yang dikandung minyak ini diketahui sebagai penyebab kanker dan sebisa mungkin harus dihindari dalam penggunannya.

5. Keripik Kentang

bowl of potato chips isolated on white

Makanan populer ini diketahui mengandung zat acrylamide, karsinogen yang sangat terkenal dan juga ditemukan di dalam rokok. Zat kimia ini terbentuk dari proses penggorengan yang sangat lama di kisaran suhu sebesar 120 derajat celcius yang di mana menbuatnya lebih krispi. acrylamide ini sebagai penyebab kanker dan sebaiknya keripik kentang harus dikurangi dalam program diet anda.

Keripik kentang juga mengandung lemak tinggi dan dapat meningkatkan berat badan secara tidak sehat tekanan darah tinggi sehungga menyebabkan segudang masalah kesehatan, terutama kanker. Untuk membuat keripik kentang, sebaiknya menggunakan minyak zaitun atau olive oil dan kalau bisa ganti kebiasan makan keripik kentang ke keripik yang lebih sehat seperti keripik kangkung atau pisang.

 

Inilah ke lima produk makanan yang berbahaya bagi tubuh dan dapat menyebabkan kanker.

Semoga informasi ini memberikan manfaat bagi kita semua. Mulai sekarang hiduplah dengan gaya sehat karena sehat itu mahal harganya dibandingkan kita membeli ke lima produk yang diuraikan di atas.

baca juga artikel berikut yang berhubungan dengan kesehatan tubuh:

Manfaat Madu

Manfaat Buah Seri

Tips mengatasi susah tidur

Facebook Comments

comments

6 thoughts on “5 Makanan pencetus kanker yang harus kita hindari

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *