9 Tips meretas tubuh untuk menghasilkan kualitas tidur terbaik

Tidur sangat penting dalam kesuksesan anda. Hal ini menjadi topik yang sangat penting karena banyak orang yang tidak mendapatkan waktu tidur yang dibutuhkan oleh tubuh.
Menurut Centers for Disease Control and Prevention, Di Amerika terdapat 40 juta orang yang mengalami gangguan tidur kronis setiap tahunnya dan terindikasi bahwa banyak orang yang menderita hanya untuk tidur saja.

Berikut tips yang sangat berguna untuk mengatasi masalah tidur kita kita.

1. Tingkatkan pernafasan

Ilmuan telah membuktikan dan menjadi topik yang populer bahwa “The 4-7-8 Breathing Exercise”atau 4-7-8 latihan pernafasan dapat mendorong kualitas tidur menjadi lebih baik. Yang mana latihan ini adalaha menjaga pernafasan anda menjadi lebih baik dan optimal.

Berdasarkan  Dr. Andrew Weil di dalam website nya, “Bernafas sangat mempengaruhi fisiologi dan proses berpikir, termasuk mood anda.
sederhananya anda hanya butuh untuk fokus dalam bernafas tanpa melakukan aktifitas apapun sampai anda akan merasakan ketenangan di dalam pikiran anda.”

inti dari tips ini adalah kosongkan pikiran anda dari hal-hal yang mengganggu emosi dan pikiran kita.

2. Mandi air hangat sebelum tidur

Mandi dapat membantu untuk mendinginkan suhu tubuh kita dan membuat kita untuk segera tertidur.
Seketika kita selesai mandi, akan secara otomatis  mengirimkan sinyal ke otak bahwa sudah saatnya kita tidur. Walaupun ilmuan belum dapat membuktikan apa yang menyebabkan fenomena tersebut terjadi, keterkaitan antara suhu tubuh dan tidur tidak dapat dipisahkan.

3. Jangan menutupi kaki dengan selimut

Anda akan segera tertidur jika salah satu atau kedua kaki anda tidak ditutupi dengan selimut.
Dikarenakan ritme biologis dan suhu tubuh berfluktuasi sepanjang hari, tips ini sangatlah ideal karena ketika suhu tubuh mulai menurun sebelum kita tertidur, suhu dingin sangat membantu untuk membuat kita mengantuk.
Perasaan dingin ini anda dapatkan dengan tetap menjaga kaki agar tidak ditutupi dengan selimut dan mengumpulkan suhu dingin, hal ini hampir sama dengan tips mandir air hangat sebelum tidur.

4. Hindari cahaya terang sebelum tidur

Cahaya biru yang dihasilkan oleh televisi, smartphone dan komputer dapat meningkatkan produksi melatonin di dalam tubuh kita yang dapat membuat anda tetap terjaga dan tidak mengantuk. Alangkah baiknya dapat dicoba untuk mengurangi intensitas cahaya dari layar barang-barang digital dan sebagainya atau mengenakkan kacamata berwarna kuning untuk mengurangi dampak dari cahaya tersebut.

5. Makan makanan dalam porsi sedikit sebelum tidur

Berdasarkan riset, makan makanan yang kaya karbohidrat dalam jumlah sedikit dapat meningkatkan kualitas tidur kita. Cobalah untuk makan cereal atau sepotong roti sebelum tidur.

6. Tingkatkan nuansa gelap di kamar anda

Cahaya terang akan mengirimkan sinyal ke otak untuk kita melakukan aktivitas atau menyelesaikan suatu aktivitas.
Hal itu akan berbalik jika kita mengurangi intensitas cahaya di kamar tidur. Kamar tidur yang baik adalah kamar tidur yang tidak ada cahaya baik itu cahaya televisi maupun peralatan elektronik.

7. Berikan nuansa wewangian di kamar tidur anda

Berdasarkan artikel dari jurnal Wall Street, taburan minyak lavender di seprai dapat membuat anda segera tertidur.
Hasil riset yang dilakukan oleh University of Miami School of Medicine, aroma lavender dapat“Menurunkan detak jantung, menurunkan tekanan darah dan menempatkan anda dalam keadaan parasimpatis(keadaan santai).”

8. Buat daftar problem anda

Daftar permasalahan yang anda buat dan segera mencari solusinya dapat membantu anda terlepas dari pikiran yang berat dan dapat fokus untuk tidur. Berdasarkan hasil studi, langkah ini dapat membuat anda lebih tenang untuk tidur.

9. Jangan merokok sebelum tidur

Banyak perokok yang mempercayai bahwa merokok dapat membuat pikiran tenang. Namun ,nikotin adalah stimulan yang tidak baik dan mengganggu kualitas tidur anda.
Sama seperti kopi, anda akan terjaga beberapa kali selama tidur.

Semoga beberapa tips ini dapat membantu memperbaiki kualitas tidur kita. Dengan kualitas tidur yang baik, sudah barang tentu akan menghasilkan hasil yang terbaik dalam apapun yang kita kerjakan.

baca juga artikel berikut yang berhubungan dengan kesehatan tubuh:

Manfaat Madu

Makanan pencetus kanker

Manfaat Buah Seri

Tips mengatasi susah tidur

Facebook Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: