Penyakit Flu atau Masuk Angin

kinikita-Penyakit flu atau yang biasa disebut masuk angin merupakan penyakit musiman yang dapat menjangkiti usia berapa pun. Penyakit ini sering muncul disaat perubahan musim baik dari musim kemarau ke musim hujan bahkan sebaliknya. Disaat daya tahan tubuh menurun yang disebabkan oleh perubahan cuaca disitulah tubuh akan sangat rentan ternjangkit virus influenza. Sebelum virus influenza menjangkiti tubuh biasanya bagian tenggorokan akan merasakan rasa sakit saat menelan dan mengalami peradangan. Urutan gejala umum yang ditimbulkan dari penyakit ini adalah sebagai berikut:

  • Satu atau dua hari pertama biasanya mengalami sakit kepala (biasanya terasa sakit pada titik tertentu)
  • Hari ke tiga, tenggorokan terasa sakit dan pada malam hari biasanya akan semakin parah dan susah menelan. Fase ini dikenal sebagai Peradangan pada tenggorokan (Radang Tenggorok). Radang tenggorokan sendiri dapat disebabkan oleh virus maupun bakteri. Radang tenggrokan yang disebabkan oleh bakteri penyembuhan nya tergolong lama dan tidak terlalu menulr dibandingkan virus. Daya tahan tubuh akan terus menurun.
  • Pada hari ke empat, badan mulai merasakan meriang disertai dengan peningkatan suhu badan (Segeralah ke rumah sakit apabila suhu badan mencapai 38 derajat celcius). Di Sini lah virus influenza mulai menyerang dikarenakan daya tahan tubuh mulai berkurang. Tubuh akan mengalami demam disertai batuk dan bersin dan pada fase ini sangat disarankan untuk istirahat total.

Lama penyembuhan penyakit flu bervariasi tergantung dari daya tahan tubuh kita sendiri. Biasaya berkisar di antara 2 minggu bahkan satu bulan. Proses penyembuhan penyakit flu adalah sebagai berikut:

  • Peyembuhan Radang Tenggorokan
  • Penghilangan virus influenza
  • Penyembuhan batuk dan Pilek. Penyembuhan batuki biasanya memakan waktu

Sebenarnya belum ada obat yang dapat menyembuhkan tubuh dari penyakit flu. Justru tubuhlah yang apabila daya tahan kembali membaik, maka dengan sendirinya virus influenza akan dibasmi.

Obat-obatan yang dapat kita peroleh dari apotik atau dokter sebenarnya hanya meredakan gejala yang disebabkan oleh penyakit ini seperti radang, batuk, pilek, sakit kepala, panas dan sebagainya. Untuk itu apabila terkena penyakit ini atau dirasakan gejala penyakit flu, hal yang sangat perlu dilakukan adalah banyak istirahat, tinggalkan semua kegiatan yang dapat menurunkan daya tahan tubuh. Yang sangat terperting adalah sebelum penyakit flu bertambah parah, luangkan waktu seharian untuk istirahat total dan perbanyak meminum air putih dan vitamin. Lebih baik kehilangan satu hari untuk mencegah penyakit menjadi parah dibandingkan kehilangan 2 minggu bahkan 1 bulan untuk menyembuhkan penyakit ini.

TIPS:

Segeralah beristirahat dan perbanyak menyuplai vitamin apabila mengalami sakit kepala dan tenggorokan sedikit aneh dari biasanya.

baca juga artikel berikut yang berhubungan dengan kesehatan tubuh:

Manfaat Madu

Makanan pencetus kanker

Manfaat Buah Seri

Tips mengatasi susah tidur

 

Facebook Comments

comments

One thought on “Penyakit Flu atau Masuk Angin

  • March 22, 2016 at 12:23 pm
    Permalink

    penyakit flu emang ga bisa diremehin cuy

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *