Yogyakarta Bakpia Day 2015

YOGYA (KRjogja.com) – Warga Ngampilan mengelar Festival Merti Bakpia 2015, Senin (14/08/2015). Ribuan butir bakpia disusun menjadi gunungan dan diarak mengelilingi wilayah kecamatan ini. Acara tersebut digelar sebagai bentuk penegasan Ngampilan sebagai sentra bakpia Yogyakarta.

Ketua Panitia Merti Bakpia 2015, Wagiman PW yang juga salah satu pengusaha bakpia di kawasan Pathuk mengatakan, selama ini orang hanya mengenal Pathuk sebagai sentra bakpia Yogyakarta, namun ternyata di seluruh Kecamatan Ngampilan ada lebih dari 142 pengusaha bakpia mulai dari UKM hingga yang skalanya besar. Bakpia menurut Wagiman telah mengubah perekonomian warga Ngampilan menjadi jauh lebih baik dana kurun waktu beberapa tahun terakhir.

“Bagaimana ibu-ibu rumah tangga bisa menggerakkan perekonomian dengan turut memproduksi bakpia, itu menjadi suatu hal yang menggembirakan bagi kami. Itulah yang juga ingin kami syukuri dalam Merti Bakpia ini,” imbuhnya.

Melalui event Merti Bakpia tersebut, para pengrajin bakpia di Ngampilan juga membawa misi khusus untuk mengenalkan makanan khas Yogyakarta ini hingga ke luar negeri. “Kami ingin dunia tahu bahwa di Yogyakarta ini ada makanan khas yakni Bakpia yang produksinya di Ngampilan,” pungkasnya.

Masyarakat yang menyaksikan Merti Bakpia tersebut pun tampak sangat antusias. Setelah selesai prosesi acara, bakpia yang totalnya berjumlah 8.000 buah tersebut dimakan beramai-ramai bersama Walikota Yogyakarta, Haryadi Suyuti. (M-1)

 

Sumber: krjogja.com

Facebook Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *